Ngomongin Lagu Joget Tiktok Viral Jill Vidal - De Ra Go

Widih.

Haloha nih? Pakabar dunia per-blog-an di bulan puasa yang syahdu dan membakar kadang-kadang ini? Apakah sehat dan bahagia? Masih ramai-ramai saja?

Anjir, aku di sini masih percaya diri membuat blog baru lagi untuk membahas masalah lagu-lagu, sementara perkembangan teknologi di dunia makin maju dengan adanya chatgpt. Apa tulisan-tulisan begini masih dibutuhkan?

Entahlah, kita mencoba dan berusaha saja pokoknya ya.

Ada yang mampir, ya syukur.

Ngga ada yang mampir, ya mampus.

Simpel.

Ehe.

Pada kesempatan kali ini atau bisa dibilang di postingan perdana blog ngomongin lagu ini, ku akan mencoba membahas masalah lagu yang sering sekali kudengar di instagram maupun tiktok akhir-akhir ini.

Apa itu?

Yak benar.

Ngomongin Lagu Jill Vidal - De Ra Go

Siapa nih yang belum tau lagu ini?

Kalau belum tau judulnya, mungkin wajar ya. Tapi kalau misal lagunya kita dendangkan, ku yakin beberapa orang pasti sudah tau dan ngeh tentang lagu ini. Apa lagi kalau yang didendangkan adalah versi remixnya.

Beuh.

Pasti pada ikutan joget semua.

Ehe.

Nah, buat yang belum tau. Yuk sebentar mari kita bahas tentang siapa itu Jill Vidal terlebih dahulu.

Jadi, Jill Vidal adalah seorang penyanyi berdarah Hongkong yang pertama kali debut di dunia musik pada tahun 2005 silam. Beuh, itu mah aku baru duduk di bangku SD anjir. Tapi maap, Jil. Telingaku di masa-masa SD silam dihias dengan lagu-lagu Peterpan, Sheila On 7, dan band-band Indo lainnya. Makanya, baru tau lagu De Ra Go ini ya akhir-akhir ini saja karena media sosial yang menyebar.

Gila emang ya kekuatan media sosial?

Bisa bikin lagu-lagu lama kembali eksis parah. Meski disentuh dengan remix-remix yang kacaw tapi bikin kita goyang. Ehe.

Lagu pertama yang dirilis oleh Jill Vidal pada tahun tersebut berjudul Lonely, disusul dengan debut albumnya bertajuk Hit Me setahun kemudian.

Nah untuk lagu De Ra Go ini sebenarnya sudah rilis pada tahun 2008 silam, masuk ke dalam album Jillympics. Siapa sangka, 15 tahun kemudian lagu tersebut kembali muncul ke permukaan dan ramai didendangkan oleh khalayak manusia Indonesia.

Selesai membahas profil penyanyi dari lagu De Ra Go, maka selanjutnya mari kita membahas tentang makna lagu di dalamnya.

Lirik Terjemahan Jill Vidal - De Ra Go

Esa samba podemos nacerla
Esa samba podemos nacerla
Y solo correr y correr y correrca
Y solo ganar yganar y ganarles
Sino es un bajon, unbajon, un bajoneo
Pob arriba, poe abajo, tira, tira, tira y gol
Tira y gol
Tira y gol
Tira y Gol
Salio, salio la foto ya salio
Salio, salio la foto ya salio
Salio, salio la foto ya salio

Di versi video clipnya, lagu dimulai dengan percakapan antara tiga orang manusia yang sedang melewati komplek gitu. Tiba-tiba mereka bertiga pergi dan ada intruksi let's dance dari seorang perempuan, dan alunan musik berkumandang. Bak sampah berisi air jatuh dan mulai lirik-lirik awal di atas dituturkan dengan lembut.

Sianjir, aku nggak ngerti itu bahasa mana sih. Emang bahasa hongkong begitu? Kayaknya enggak sih. Aku google translete sebentar yak.

Wait.

Oh anjir. Bahasa Spanyol masa?

Apa Brazil? Kok di google translate dari Spanyol?

Makna dari lagu di atas itu sebenernya tentang sepak bola gitu kayaknya. Soalnya bahas Samba, Lari, Tendang, Gol, Merosot, Keluar, dan Foto. Ya, nggak jauh antara sepakbola, ekonomi indonesia, dan dunia lendir sih ini mah.

Tapi ada beberapa lagu yang kadang kita nggak perlu tau makna terjemahnya, yang penting enak dijogetin aja nggak sih?

Y todas las amigas de la de la villa quedan locas
Es un tres acero(es el campeonato)Es un tres acero(es el campeonato)Tres, cero, cero, ceroTres, cero, cero, ceroTres, cero, cero, cero y golEsa samba podemos nacerlaEsa samba podemos nacerlaY solo correr y correr y corrercaY solo ganar yganar y ganarlesSino es un bajon, unbajon, un bajoneoPob arriba poe abajo tira tira tira y golTira y golTira y golTira y golSalio salio la foto ya salioSalio salio la foto ya salioSalio salio la foto ya salio

Bajigur.

Ini lagu susah amat diterjemahin gile. Kayak ini lagu memang dibuat untuk goyang aja, sedangkan lirik cuma penggugah semangat doang. Pasalnya, ya cuma potongan kata-kata aja gitu. Semacam yel-yel gitu deh.

Jadi bisa dibilang, ini lagu ya untuk penyemangat kita dalam berdendang dan bergoyang senang-senang. Atau bisa juga jadi penyemangat untuk kawan kita yang sedang bertanding bola di lapangan.

Gitu doang.

Uangel wis lah.

Y todas las amigas de la de la villa quedan locasEs un tres acero(es el campeonato)Es un tres acero(es el campeonato)Tres cero cero ceroTres cero cero ceroTres cero cero cero y golEsa samba podemos nacerlaEsa samba podemos nacerla

Masih nunggu aku bahas terjemahan lagunya?

Udah gila.

Nggak ada maknanya ini mah. Setidaknya untuk diriku yang mencoba menterjemahkannya ya. Tapi siapa tau bagi penciptanya, ini lagu memiliki makna dan semangat sendiri untuknya.

yasudah. Ngapapa.

Nyatanya, sekarang itu lagu banyak berdendang di media sosial. Yah, meskipun yang enak didengar itu nada dan goyangannya ini.

Gimana?

Kira-kira adakah lagu yang bisa aku bahas kembali di kemudian hari nanti-nanti?

Terimakasih!

Post a Comment

0 Comments